Senin, 15 Juli 2013

Cara Apply VISA KOREA SELATAN

Yuk bismillah dimulai nulis ulasan trip ke Korea Selatan kemarin, masa udah ampir 2 bulan blog belum dibuat-buat juga. Hiks.  (ditulis 9 mei 2013 ini, baru diuplod Juli ini :( )

Aduh mulai dari mana dulu yaa..jadi numpuk gini...haha. #sokpusing
Habisnya pas posting foto-foto di facebook, langsung pada nanya visanya gimana etc…hehe.
mmm.. Akan saya coba urai singkat ya di sini :

VISA :
  1. Isi formulir dan 1 lembar pas foto 3x4,
  2. Copy Data diri (KTP, NPWP, Pasport dengan stempel negara-negara yang pernah dikunjungi – kalau saya sih kemarin baru ke Singapura saja),
  3. Rekening koran & copy print tabungan 3 bulan,  20jt ok
  4. Bukti setor SPT & SPTnya,
  5. Surat keterangan bekerja dari kantor (kalau bekerja),
  6. Bookingan hostel beserta komunikasi email konfirmasinya,
  7. Konfirmasi tiket pesawat PP,
  8. Itinerary tour alias jadwal di sana ngapain saja...ini penting buat backpacker dan petugas visa tentunya,
  9. Saya tidak sertakan Invitation Letter karena memang kebetulan teman korea saya sedang tidak di sana.


Kedubes Korea Selatan dekat dengan Plaza Indonesia

Biaya Rp 290rb sajah 3 hari kerja, lokasi kedubesnya di The Plaza Office, MH Thamrin Sudirman sebelah kirinya Plaza Indoneisa (naik saja bis mayasari arah Tn Abang, tapi tidak sampai Tn Abang lhoooo yaaaa)
Alhamd kami lolos tanpa ada interview apapun.

UPDATE lokasi Oktober 2013, Kedubes Korea telah pindah kembali ke gedung yang telah direnovasi, sbb :
Embassy of South Korea
Visa Section
Jl  Jend Gatot Subroto Kav 57
Jakarta Selatan 12950
Telp : 021 2967 2555

(Letaknya berada di tengah-tengah RS Medistra dan Gedung Surveyor Indonesia & Depprin --> Gedung warna coklat)



# Jika naik bis 45 arah blok M turun di jembatan setelah Gedung Smesco, lalu menyebrang.
# Jika naik bis trans busway, cari yang arah Pluit (no.9), turun di halte Tegal Parang, lalu menyebrang ke arah Medistra.


By the way, karena teman tripku maunya terima beres sajah karena dia juga ga bisa B.Inggris dan  bekerjanya di luar Jawa, maka semua mua mua tiket pesawat, hostel , dan kereta ITX etc serta Itinerary tour saya yang urus sendiriaaan... #lhokojadicurhat  ...haha.
Hasilnya antara excited senang dan titik titik sih.. haha.

Trip saya 12 Maret Jkt – KL nginap dulu 1 malam di sana , baru 13 – 20 Maret Korean trip, dan 21 KL-Jkt lagi.
Beli tiket Air Asia promo sejak Oktober 2012. Lumayan kan pikiran dan tenaga saya yang harus saya curahkan ke rencana trip ini.
Plus karena saya sempat khawatir dengan info yang beredar (saya lupa menanyakan kebenarannya kepada mbak petugas visa) kalau kans visa diapprove lebih besar atau tidak bagi yang sudah pernah traveling ke luar negri di stempel pasportnya dan yang belum pernah ke luar negri. Maka kemarin saya pun juga harus menyiapkan trip ke Singapura untuk Januari beserta 1 teman saya yang lain untuk jaga-jaga. Tapi ternyata memang berguna ko, karena dengan ke Singapura pun memang jadi belajar bagaimana cari naik subway MRT etc etc! Jadi kan ga kebingungan lagi pas di Korea.

Okee…udah dulu yaaa.. Silakan comment di blog ini ya kalau mau tanya-tanya.

Tidak ada komentar: