Hai..mantengin Time Line di twitter itu, ternyata banyak manfaatnya juga lohh..
Bisa dapat KULTWIT alias Kuliah Twitter gratis tentang banyak hal. Salah satunya tentang business plan (rencana bisnis) untuk kamu2 yang akan maupun yang sedang memulai suatu usaha.
KULTWIT (Kuliah Twitter) 23 October 2011
#35BusinessPlan by akun twitter @EntrepreneursID:
http://twitter.com/#!/EntrepreneursID
1. Selalu mulai usahamu dgn keyakinan dan jgn lupa utk libatkan Tuhan. Dia yg akan memberi kesuksesan
2. Tuliskan tujuan bisnismu ada, buat deskripsi simple ttg bisnismu, bergerak dbidang apa.
3. Pilih jenis bisnis yg akan djalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dg skill atau minat
4. Tentukan merek yg akan dpake. Merek ini mrupakan representasi dr bisnismu. Merek akan jd aset pnting
5. Pilih merek yg sesuai dg karakter produk & bisnismu, usahakan yg simple, menarik dan mudah diingat.
6. Next buat analisa SWOT: penting utk analisa lingkungan & pesaing usaha. Dan STP: utk fokus bisnismu
7. SWOT: Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dr luar)
8. Strength: analisa kekuatan kita - misal: harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis dll
9. Strength ini harus ditonjolkan dlm materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita dbanding pesaing
10. Weakness: analisa klemahan kita - misal tdk punya lahan parkir, karyawan blum pengalaman dll
11. Weakness ini kita antisipasi dg preparation yg lebih baik & lakukan strategi utk mngurangi klemahan
12. Opportunity: kesempatan - misal, prod kita brpotensi utk diekspor, jenis produk msh bs berkembang
13. Jadikan opportunity ini sbg langkah di saat mendatang utk mengembangkan bisnis agar makin sukses
14. Threat: Ancaman dr luar - misal one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll
15. Utk threat ini, buatlah plan b sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar2 terjadi
16. Selanjutnya buat analisa STP: Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya utk fokus bisnismu
17. Segmenting: menentukan market dg cara di bagi segmen: Lokasi, age, social class - low, medium, hi
18. Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, hi. Diberikan produk yg brbeda jg
19. Segmenting ini utk mnentukan target market: shingga strategi produk kita bs sesuai dg target market #35BusinessPlan
20. Targeting: Pemilihan market dari segmen2 yg sudah ditentukan. Sehingga strategi bs fokus
21. Setelah Segmenting dan Targeting dtentukan, selanjutnya Positioning: Gambaran dr bisnis kita
22.Positioning ini cthnya: D'cost - seafood dg harga trjangkau. Shingga image ini trtanam dbenak knsumen
23. Selanjutnya persiapkan 7P: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve #
24. Konsep produk harus disiapkan dg detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll
25. Tetapkan harga yg sesuai dg analisa keuntungan. Sesuaikan harga dg target market yg dtuju
26. Strategi pricing: harus value for money utk konsumen - harga sesuai dg kualitas yg dtawarkan
27. Place: jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yg akan brkunjung
28. Promosi: persiapkan strategi promosi dg baik - offline strategi (brosur, print ad, sales promo)
29. Promosi yg lowcost tp impactful - online strategi: social media - fb, twitter, blog, youtube
30. People: psiapkan karyawan-training dg baik, krn playanan dr karyawan sgt mnentukan kpuasan konsumen
31. Process: dlm bid jasa misal resto hrs dipsiapkan prosedur proses pmbuatan makanan dr awal hgga akhir
32. Physical evidence: persiapkan smua peralatan, perlengkapan utk usaha. Gunakan kualitas tbaik
33. Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kpn BEP
34. Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching
35. Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dpersiapkan dg didampingi mentor atau yg sudah brpengalaman
Semoga bermanfaat.
Wassalaam wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar